3 Rencana Besar Prabowo untuk Indonesia 5 Tahun ke Depan

Share :

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Print

Calon presiden yang unggul dalam perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum Prabowo Subianto memaparkan sejumlah rencananya dalam membangun Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Hal ini dipaparkannya dalam Mandiri Investment Forum (MIF) 2024, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (5/3/2024). Adapun, jika kelak ditetapkan sebagai pemenang Pemilu 2024, maka Prabowo dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka baru akan dilantik pada Oktober 2024.

Kendati demikian, Prabowo telah memiliki visi dan misi mengembangkan Indonesia dalam 4-5 tahun ke depan. Dalam paparannya, dia menyinggung mengenai targetnya soal pertumbuhan ekonomi, rasio pajak hingga kemandirian pangan.

Berikut ini tiga rencana besar Prabowo tersebut:
Ekonomi RI Tumbuh 8%
Dalam sambutannya di MIF 2024, Prabowo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 8%. Calon presiden yang unggul dalam berbagai hitung cepat ini menyebut target itu bisa dicapai dalam waktu 3 sampai 4 tahun.

“Jadi dengan permintaan yang naik, daya beli yang naik, ekonomi kita tumbuh, tadi saya optimis saya sampaikan 7-8% dalam 3 sampai 4 tahun,” ungkap Prabowo di Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta, dikutip Rabu (6/3/2024).

Prabowo menyebut strategi untuk mencapai tingkat pertumbuhan itu adalah dengan investasi. Mantan Komandan Jenderal Kopassus ini mengatakan investasi harus didorong dengan kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha. Selain investasi dia mengatakan pertumbuhan ekonomi juga akan didorong oleh konsumsi masyarakat yang kuat.

Rasio Pajak Naik Jadi 16%
Prabowo berjanji pada masa kepemimpinannya rasio pajak terhadap PDB akan naik dari yang saat ini di level 10% menjadi 16%. Namun, dia tidak akan serta merta menaikkan tarif pajak.

“Tetangga kita, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja, sekitar 16-18% ada ruang untuk meningkatkan tax ratio,” ujarnya.

Prabowo juga mengatakan dirinya akan berupaya memperluas basis perpajakan atau jumlah wajib pajak. Adapun tambahan 6% dalam rasio pajak setara dengan US$ 90 miliar ke dalam penerimaan negara.

“Maka kenaikan 6% dari US$1.500 miliar produk domestik bruto (PDB). Ini akan menjadi angka yang signifikan. Ini mencapai US$ 90 miliar,” kata dia.

Patut dicatat, calon wakil presiden Prabowo, Gibran Rakabuming Raka sebelumnya menyatakan bahwa pihaknya menargetkan rasio pajak 23%. Hal ini disampaikannya dalam debat cawapres.

Mandiri Pangan
Dalam kesempatan yang sama, Prabowo yakin Indonesia bisa mandiri dalam memasok kebutuhan pangan di dalam negeri hingga menjadi pengekspor bahan pangan dalam empat tahun ke depan. Dia meyakini dalam 3-4 tahun ke depan Indonesia bisa mandiri pangan.

“Saya pikir, kita bisa ekspor pangan dalam kurun waktu empat tahun. Dan (dalam) tiga tahun, kita mandiri pangan,” ujar dia.

Untuk mencapai target ini, Prabowo mengatakan Indonesia perlu belajar dari banyak negara seperti China dan India. Menurutnya, China memiliki kinerja sangat baik dalam mengentaskan kemiskinan di negaranya, sedang India sukses menjadi salah satu eksportir makanan terbesar di dunia.

Prabowo juga memaparkan mengenai pengalaman India mengatasi masalah kelaparan di negaranya. “Kita harus belajar dari praktik terbaik yang dilakukan India dan Tiongkok dalam mengentaskan kemiskinan di banyak negara di dunia,” ungkapnya.

Baca Lainnya

Tulis Komentar

Berita Terbaru

prabowo
Prabowo Subianto Beri Bantuan Rumah Apung, Warga Kampung Nelayan Jakarta Ungkap Rasa Syukur
Gerindra Sumatera Utara berbagi sembako
Sambut Idul Fitri 1445 H, DPD Gerindra Sumut Bagikan Paket Sembako dan Kue Lebaran untuk Masyarakat
prabowo
Prabowo Subianto Kunjungi Anwar Ibrahim, Tukar Pendapat Soal Karier dan Pengalaman
prabowo
Prabowo Rencananya Bakal Dilantik di IKN
prabowo
Temui PM Li Qiang, Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama RI-Tiongkok
prabowo
Bertemu Xi Jinping di Beijing, Prabowo Janjikan Hubungan RI - China Kian Erat.
foto bersama DPD Gerindra SUmut
DPD Gerindra Gelar Buka Puasa Ramadhan Bersama sekaligus Syukuran Kemenangan Prabowo Gibran.
prabowo
Prabowo Mulai Siapkan Pemerintahan Baru Sambil Tunggu Putusan MK
prabowo
Prabowo Subianto : Para Pemimpin Bersatu, Indonesia Siap Hadapi Tantangan Besar
prabowo
Prabowo Subianto Tak Ingin Bubarkan TKN, Bentuk Gerakan Solidaritas Nasional
Polling